Sabtu, 26 Januari 2013

Tarekat Haqmaliyah



SELAYANG PANDANG TENTANG PROFILE TAREKAT HAQMALIYAH

Tareqat ini berpegang teguh kepada Al Qur’an dan Al Hadis, juga mempunyai kitab panduan atau Kitab Pengantar pemahaman tentang inti ajaran Haqmaliyah yang disebut Kitab Layang Muslimin Muslimat terdiri dari enam jilid ditulis dalam bahasa Sunda dalam bentuk tembang atau pupuh lagu dan dikarang tahun 1930 oleh Mama Raden Asep Martawidjaja bin H. Muhammad Kahfi. Baru pada bulan Mei tahun 1996 Kitab Layang Muslimin Muslimat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Sobarnas setelah mendapat persetujuan Raden Toto Mutholib Martawidjaja selaku Mursyid pada masa itu. Kitab Layang Muslimin Muslimat edisi bahasa Indonesia dirampingkan menjadi empat jilid.

Pada zaman Raden Toto Mutholib Martawidjaja dibuatlah sebuah Yayasan Miftahul Ulum. Yayasan dimaksud dimaksudkan untuk mewadahi, tempat berkumpul dan bersilaturrahmi ikhwan haqmaliyah. Menariknya dalam pertemuan selalu dibahas hasil penemuan-penemuan spritual atau hasil lelakon dari para ikhwan dan kemudian dijelaskan oleh mursyid apa yang telah mereka temui. Selain itu, yayasan ini menitik beratkan aktifitasnya dibidang pendidikan. Saat ini Yayasan Maftahul Ulum dikelola oleh anak Raden Toto Mutholib Martawidjaja.

Pengikut tareqat Haqmaliyah sudah menyebar hampir diseluruh wilayah Indonesia bahkan menurut Mursyid yang saat ini yang bermukim di Cimahi, ajaran inipun telah sampai kenegeri Belanda yang di bawa langsung oleh keturunan Raden Muhammad Kahfi. Tareqat ini bukan hanya milik orang Sunda seperti yang di tulis dalam sebuah blog akan tetapi milik umat. Siapapun boleh ikut dalam tareqat ini asal dia seorang muslim.

Dalam silsilahnya, tareqat ini sambung menyambung dari Nabi Muhammad saw, 12 Imam Ahlul Bait Syiah Imamiyah, beberapa wali tanah jawa seperti Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati sampai dengan Mursyid yang terakhir. Penyebaran tareqat ini dikenal pada masa Syech Muhammad Kahfi atau lebih dikenal dengan Sech Datul Kahfi seorang pelaku sejarah di Kabupaten Garut.

Ayat Alquran maupun Hadis yang sering digunakan untuk memperdalam pengetahuan tentang Ketuhanan dalam tareqat Haqmaliyah antara lain; awaludinni ma’rifatulaah, innalillahi wa innailaihi roojiun, moutu antal qoblal maotu, nurun ala nur, man arofa nafsahu faqod arofa raobbahu wa man arofa robbahu faqod jahilan nafsahu, wa nahnu akrobu ilaihi min hablil warid, dll.

Untuk mempelajari tareqat ini tidak bisa hanya belajar luarnya saja karena ada batasan-batasan yang boleh disampaikan dan yang tidak. Perlu waktu yang lama serta istiqomah sehingga dapat benar-benar memahami semua inti ajaran tareqat Haqmaliyah.

 
SEKILAS TENTANG TAREKAT HAQMALIYAH
Tumbuhnya tarekat dalam Islam sesungguhnya bersamaan dengan kelahiran agama Islam itu sendiri, yaitu sejak Nabi Muhammad saw diutus menjadi Rasul. Fakta sejarah
menunjukkan bahwa pribadi Nabi Muhammad saw sebelum diangkat menjadi Rasul telah berulang kali melakukan tahannust dan khalwat di Gua Hira' di samping untuk mengasingkan diri dari masyarakat Makkah yang sedang mabuk mengikuti hawa nafsu keduniaan. Tahhanust dan Khalwat nabi adalah untuk mencari ketenangan jiwa dan kebersihan hati dalam menempuh problematika dunia yang kompleks tersebut.

Proses khalwat nabi yang kemudian menerima wahyu dari malaikat Jibril disebut tarekat tersebut sekaligus diajarkannya kepada Sayyidina Ali ra. sebagai cucunya. Dan dari situlah kemudian Ali mengajarkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya sampai kepada Syeikh Abdul Qodir Jaelani di daerah Timur Tengah, dan lalu masuk ke Indonesia dibawa melalui para wali yang terkenal dengan sebutan Wali Songo pada jalur Syaikh Syarif Hidayatullah/Sunan Gunung Djati. Sebagaimana dalam silsilah tarekat Haqmaliyah yang merujuk pada Syaidina Ali r.a dan Abdul Qadir Jaelani dan seterusnya adalah dari Nabi Muhammad saw, dari Malaikat Jibril dan dari Allah Swt.

Bai'at
Untuk mengamalkan tarekat tersebut melalui tahapan-tahan seperti pertama, adanya pertemuan guru (syeikh) dan murid. Lalu calon murid apabila ingin mejadi murid dari Tarekat ini haruslah memenuhi beberapa syarat tertentu terlebih dahulu. Di antaranya, adalah harus terlebih dahulu berpuasa selama 10 hari

Kedua, tahap perjalanan. Tahapan kedua ini  tergantung dari ke zuhudan murid dalam mengamalkan ilmu yang diterima. 




Tarekat (thariqah) secara harfiah berarti "jalan" sama seperti syariah, sabil, shirath dan manhaj. Yaitu jalan menuju kepada Allah guna mendapatkan ridho-Nya dengan mentaati ajaran-ajaran-Nya. Semua perkataan yang berarti jalan itu terdapat dalam Alquran, seperti QS Al-Jin:16," Kalau saja mereka berjalan dengan teguh di atas thariqah, maka Kami (Allah) pasti akan melimpahkan kepada mereka air (kehidupan sejati) yang melimpah ruah".
Istilah thariqah dalam perbendaharaan kesufian, merupakan hasil makna semantik perkataan itu, semua yang terjadi pada syariah untuk ilmu hukum Islam. Setiap ajaran esoterik/bathini mengandung segi-segi eksklusif. Jadi, tak bisa dibuat untuk orang umum (awam). Segi-segi eksklusif tersebut misalnya menyangkut hal-hal yang bersifat "rahasia" yang bobot kerohaniannya berat, sehingga membuatnya sukar dimengerti. Oleh sebab itu mengamalkan tarekat itu harus melalui guru (mursyid) dengan bai'at dan guru yang mengajarkannya harus mendapat ijazah, talqin dan wewenang dari guru tarekat sebelumnya. Seperti terlihat pada silsilah ulama sufi dari Rasulullah saw, sahabat, ulama sufi di dunia Islam sampai ke ulama sufi di Indonesia.

Tarekat Haqmaliyah ini  Silsilahnya.
Mama Rd.Toto Mutholib-Pataruman Garut, Rd.Asep Martawijaya-Pataruman Garut, Syeik H Muhammad Kahfi-Pataruman Garut, Syeiikh H Abdul Karim - Tanara Banten, Ahmad Khotib Sambas ibn Abdul Gaffar, Syamsuddin,  Kamaluddin,  Hisyamuddin, Waliyuddin,  Nuruddin,  Zainuddin, Syarafuddin,  Syamsuddin, Moh Hatta, Syeikh Abdul Muhyi, Syeikh Syarif Hidayatullah, Syeikh Abdul Qadir Jilani,  Ibu Said Al-Mubarak Al-Mahzumi, Abu Hasan Ali al-Hakkari,  Abul Faraj al-Thusi, Abdul Wahid al-Tamimi, Abu Bakar Dulafi al-Syibli, Abul Qasim al-Junaid al-Bagdadi, Sari al-Saqathi, Ma'ruf al-Karkhi, Abul Hasan Ali ibn Musa al-Ridho, Musa al-Kadzim, Ja'far Shodiq, Muhammad al-Baqir, Imam Zainul Abidin, Sayyidina Husein, Sayyidina Ali ibn Abi Thalib,  Sayyidina Nabi Muhammad saw,  Sayyiduna Jibril dan  Allah Swt. Masalah silsilah tersebut memang berbeda satu sama lain, karena ada yang disebut seecara keseluruhan dan sebaliknya. Di samping berbeda pula guru di antara para kiai itu sendiri.

FROFILE TOKOH SILSILAH "TAREKAT HAQMALIYAH"


Syekh Ahmad Khatib Sambas



Syekh Abdul Karim Tanara Al-Bantani



Syekh Al-Haj Muhammad Kahfi




                                                                                 
                                                                
                            


                               












































































































22 komentar:

  1. bisakah saya menemukan guru mursydnya. kalau orang yang ilmunya telah mencapai tingkatan dalam torikoh saya telah menemukannya, tapi yang turunan langsung dari seh muhammad kahfi saya belm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. guru mursyid bisa ditemukan pada dirinya sendiri, guru mursyid tidak bisa dilihat dengan mata lahir, tetapi guru mursyid bisa dilihat oleh sanubari insan yang berkehendak menemuinya.

      Hapus
  2. Coba Cing ...cari di blog ini (alwinz.blogspot.com) yang empunya masih keturunan beliau...

    BalasHapus
  3. Teangan iwal ti diri maneh,da maneh jeung Anjeuna ibarat gula jeung amisna,,,deukeut pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah anda juga juga ikut tarekat haqmaliyah

      Hapus
  4. Ya Allah . Alhamdulilah sejak tahun 1984 (Sejak remaja) saya dipertemukan antara Guru - murid menjalani Tarekah Haqmaliyah Ini

    BalasHapus
  5. Ass Wr Wb.
    Mohon ijin saya mau bertanya pada Bung Bagus Kurniadi.. Kalo boleh saya tahun dari siapa bung Bagus menerima ilmu tarekat Haqmaliyah ini (gurunyanya) dan sejak kapan ?
    Wass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolonglah balas pertanyaan ini Bung Bagus Kurniadi kalo tidak keberatan ?

      Hapus
  6. salam kenal mas... saya dari Tarekat Hakmaliyah Jakarta..
    asuhan Ustad Hambali Usman bin Nasir..
    Fb ane : cundiks@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali... saya sudah add FB Bang Mansur.. silahkan dibaca .. pesannya ...!!

      Hapus
  7. apakah anda sudah mengetahui nurrulloh yang seperti rembulan penuh

    BalasHapus
  8. nurrulloh cahaya terang benderang tanpa warna tanpa rupa.

    BalasHapus
  9. memang para ahli tarekat melihat dari kemurnian ajaran, akan tetepi untuk apa berdebat mengenai siapa yg paling murni karena bukan hanya sebatas kemurnian ajaran saja tapi kemurnian hati juga, merasa palin benar dan paling murni bukanlah sebuah ajaran tarekat apalagi ajaran tarekat hakmaliah, di manapun anda berguru di baiat dengan aturan ajaran hakmaliah berarti dia saudara kita juga !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan sdr. Ginanjar Ramdhan.. salam kenal buat Sdr. Ginanjar Ramdhan.....

      Hapus
  10. sya mask tarikat hakmaliyah thn 1997 di banten, pengalaman sy stlh sy jlnkan wlapun cm sdkt skli, sy punya kesimpulan, smkin ma`rifat seorang manusia mka smkn bijak dlm menjlni kehidupan, yg trs oleh sy smkin dlm mka keberadaan sya sprt ga ada, mka kbnran tndakan tu sbnrnya adalah kbnran Illahi, tabulah bgi aliran tarikat hakmaliyah mengatakan bhwa drinya atau aliran kita lah yg plng bnar, mf tu lah yg saya rsa dri trikat ni

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah ada ikhwan haqmaliyah di internet,,,,yg di bai'at baba guru ust Hambali usman bin nasir prigi depok ayo merapat,,,pada dateng ga di pengajian bulanan di rumah baba guru malam minggu kemaren???

    BalasHapus
  12. alhamdulillah ..salaam para ikhwan sekalian

    BalasHapus
  13. Assalammualaikum wr.wb.

    saya dari tarekat hakmaliyah bogor barat.
    mengucapkan salam untuk semua para ikhwan sekalian.

    BalasHapus
  14. Assalammualaikum wr.wb
    kalo saya pingin belajar tarekat hakmaliyah...
    siapa yang saya hubungi untuk daerah serpong dan sekitarnya terima kasih

    BalasHapus
  15. assalamualaikum ikhwan semua salam kenal... ane ridwan... ane ikhwan dr jakarta... buat ikhwan main dong kerumah biar bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman... ane masih teramat dangkal dalam kehidupan ini.... lokasi di ane di lenteng agung... buat yg mau ke rumah tlp ane aja di 081289452432 terimakasih ikhwan semua...ass wr wb

    BalasHapus
  16. kalo di cimahi bisa di bai'at dimana?

    BalasHapus