Sabtu, 26 Januari 2013

Tarekat Haqmaliyah



SELAYANG PANDANG TENTANG PROFILE TAREKAT HAQMALIYAH

Tareqat ini berpegang teguh kepada Al Qur’an dan Al Hadis, juga mempunyai kitab panduan atau Kitab Pengantar pemahaman tentang inti ajaran Haqmaliyah yang disebut Kitab Layang Muslimin Muslimat terdiri dari enam jilid ditulis dalam bahasa Sunda dalam bentuk tembang atau pupuh lagu dan dikarang tahun 1930 oleh Mama Raden Asep Martawidjaja bin H. Muhammad Kahfi. Baru pada bulan Mei tahun 1996 Kitab Layang Muslimin Muslimat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Sobarnas setelah mendapat persetujuan Raden Toto Mutholib Martawidjaja selaku Mursyid pada masa itu. Kitab Layang Muslimin Muslimat edisi bahasa Indonesia dirampingkan menjadi empat jilid.

Pada zaman Raden Toto Mutholib Martawidjaja dibuatlah sebuah Yayasan Miftahul Ulum. Yayasan dimaksud dimaksudkan untuk mewadahi, tempat berkumpul dan bersilaturrahmi ikhwan haqmaliyah. Menariknya dalam pertemuan selalu dibahas hasil penemuan-penemuan spritual atau hasil lelakon dari para ikhwan dan kemudian dijelaskan oleh mursyid apa yang telah mereka temui. Selain itu, yayasan ini menitik beratkan aktifitasnya dibidang pendidikan. Saat ini Yayasan Maftahul Ulum dikelola oleh anak Raden Toto Mutholib Martawidjaja.

Pengikut tareqat Haqmaliyah sudah menyebar hampir diseluruh wilayah Indonesia bahkan menurut Mursyid yang saat ini yang bermukim di Cimahi, ajaran inipun telah sampai kenegeri Belanda yang di bawa langsung oleh keturunan Raden Muhammad Kahfi. Tareqat ini bukan hanya milik orang Sunda seperti yang di tulis dalam sebuah blog akan tetapi milik umat. Siapapun boleh ikut dalam tareqat ini asal dia seorang muslim.

Dalam silsilahnya, tareqat ini sambung menyambung dari Nabi Muhammad saw, 12 Imam Ahlul Bait Syiah Imamiyah, beberapa wali tanah jawa seperti Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati sampai dengan Mursyid yang terakhir. Penyebaran tareqat ini dikenal pada masa Syech Muhammad Kahfi atau lebih dikenal dengan Sech Datul Kahfi seorang pelaku sejarah di Kabupaten Garut.

Ayat Alquran maupun Hadis yang sering digunakan untuk memperdalam pengetahuan tentang Ketuhanan dalam tareqat Haqmaliyah antara lain; awaludinni ma’rifatulaah, innalillahi wa innailaihi roojiun, moutu antal qoblal maotu, nurun ala nur, man arofa nafsahu faqod arofa raobbahu wa man arofa robbahu faqod jahilan nafsahu, wa nahnu akrobu ilaihi min hablil warid, dll.

Untuk mempelajari tareqat ini tidak bisa hanya belajar luarnya saja karena ada batasan-batasan yang boleh disampaikan dan yang tidak. Perlu waktu yang lama serta istiqomah sehingga dapat benar-benar memahami semua inti ajaran tareqat Haqmaliyah.

 
SEKILAS TENTANG TAREKAT HAQMALIYAH
Tumbuhnya tarekat dalam Islam sesungguhnya bersamaan dengan kelahiran agama Islam itu sendiri, yaitu sejak Nabi Muhammad saw diutus menjadi Rasul. Fakta sejarah
menunjukkan bahwa pribadi Nabi Muhammad saw sebelum diangkat menjadi Rasul telah berulang kali melakukan tahannust dan khalwat di Gua Hira' di samping untuk mengasingkan diri dari masyarakat Makkah yang sedang mabuk mengikuti hawa nafsu keduniaan. Tahhanust dan Khalwat nabi adalah untuk mencari ketenangan jiwa dan kebersihan hati dalam menempuh problematika dunia yang kompleks tersebut.

Proses khalwat nabi yang kemudian menerima wahyu dari malaikat Jibril disebut tarekat tersebut sekaligus diajarkannya kepada Sayyidina Ali ra. sebagai cucunya. Dan dari situlah kemudian Ali mengajarkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya sampai kepada Syeikh Abdul Qodir Jaelani di daerah Timur Tengah, dan lalu masuk ke Indonesia dibawa melalui para wali yang terkenal dengan sebutan Wali Songo pada jalur Syaikh Syarif Hidayatullah/Sunan Gunung Djati. Sebagaimana dalam silsilah tarekat Haqmaliyah yang merujuk pada Syaidina Ali r.a dan Abdul Qadir Jaelani dan seterusnya adalah dari Nabi Muhammad saw, dari Malaikat Jibril dan dari Allah Swt.

Bai'at
Untuk mengamalkan tarekat tersebut melalui tahapan-tahan seperti pertama, adanya pertemuan guru (syeikh) dan murid. Lalu calon murid apabila ingin mejadi murid dari Tarekat ini haruslah memenuhi beberapa syarat tertentu terlebih dahulu. Di antaranya, adalah harus terlebih dahulu berpuasa selama 10 hari

Kedua, tahap perjalanan. Tahapan kedua ini  tergantung dari ke zuhudan murid dalam mengamalkan ilmu yang diterima. 




Tarekat (thariqah) secara harfiah berarti "jalan" sama seperti syariah, sabil, shirath dan manhaj. Yaitu jalan menuju kepada Allah guna mendapatkan ridho-Nya dengan mentaati ajaran-ajaran-Nya. Semua perkataan yang berarti jalan itu terdapat dalam Alquran, seperti QS Al-Jin:16," Kalau saja mereka berjalan dengan teguh di atas thariqah, maka Kami (Allah) pasti akan melimpahkan kepada mereka air (kehidupan sejati) yang melimpah ruah".
Istilah thariqah dalam perbendaharaan kesufian, merupakan hasil makna semantik perkataan itu, semua yang terjadi pada syariah untuk ilmu hukum Islam. Setiap ajaran esoterik/bathini mengandung segi-segi eksklusif. Jadi, tak bisa dibuat untuk orang umum (awam). Segi-segi eksklusif tersebut misalnya menyangkut hal-hal yang bersifat "rahasia" yang bobot kerohaniannya berat, sehingga membuatnya sukar dimengerti. Oleh sebab itu mengamalkan tarekat itu harus melalui guru (mursyid) dengan bai'at dan guru yang mengajarkannya harus mendapat ijazah, talqin dan wewenang dari guru tarekat sebelumnya. Seperti terlihat pada silsilah ulama sufi dari Rasulullah saw, sahabat, ulama sufi di dunia Islam sampai ke ulama sufi di Indonesia.

Tarekat Haqmaliyah ini  Silsilahnya.
Mama Rd.Toto Mutholib-Pataruman Garut, Rd.Asep Martawijaya-Pataruman Garut, Syeik H Muhammad Kahfi-Pataruman Garut, Syeiikh H Abdul Karim - Tanara Banten, Ahmad Khotib Sambas ibn Abdul Gaffar, Syamsuddin,  Kamaluddin,  Hisyamuddin, Waliyuddin,  Nuruddin,  Zainuddin, Syarafuddin,  Syamsuddin, Moh Hatta, Syeikh Abdul Muhyi, Syeikh Syarif Hidayatullah, Syeikh Abdul Qadir Jilani,  Ibu Said Al-Mubarak Al-Mahzumi, Abu Hasan Ali al-Hakkari,  Abul Faraj al-Thusi, Abdul Wahid al-Tamimi, Abu Bakar Dulafi al-Syibli, Abul Qasim al-Junaid al-Bagdadi, Sari al-Saqathi, Ma'ruf al-Karkhi, Abul Hasan Ali ibn Musa al-Ridho, Musa al-Kadzim, Ja'far Shodiq, Muhammad al-Baqir, Imam Zainul Abidin, Sayyidina Husein, Sayyidina Ali ibn Abi Thalib,  Sayyidina Nabi Muhammad saw,  Sayyiduna Jibril dan  Allah Swt. Masalah silsilah tersebut memang berbeda satu sama lain, karena ada yang disebut seecara keseluruhan dan sebaliknya. Di samping berbeda pula guru di antara para kiai itu sendiri.

FROFILE TOKOH SILSILAH "TAREKAT HAQMALIYAH"


Syekh Ahmad Khatib Sambas



Syekh Abdul Karim Tanara Al-Bantani



Syekh Al-Haj Muhammad Kahfi




                                                                                 
                                                                
                            


                               












































































































231 komentar:

  1. bisakah saya menemukan guru mursydnya. kalau orang yang ilmunya telah mencapai tingkatan dalam torikoh saya telah menemukannya, tapi yang turunan langsung dari seh muhammad kahfi saya belm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. guru mursyid bisa ditemukan pada dirinya sendiri, guru mursyid tidak bisa dilihat dengan mata lahir, tetapi guru mursyid bisa dilihat oleh sanubari insan yang berkehendak menemuinya.

      Hapus
    3. berdasarkan naskah kuno negarakertabumi(thn 1645M) yang ditulis oleh R. Wangsakerta : Prabu Geusan Ulun bin Pangeran Santri (Ki Gedeng Sumedang/Pangeran Kusumahdinata) bin Pangeran Palakaran (Pamelakaran)/maulana muhammad bin Pangeran Panjunan Cirebon (Sayyid Maulana Abdurrahman) bin Syekh Datuk Kahfi bin Syekh Datuk Ahmad bin Syekh Datuk Isa bin Syekh Abdul Qodir Kaelani bin Abdullah Azmatkhan bin Sayyid Amir 'Abdul Malik Al-Muhajir Azmatkhan. klo mo cari turunan langsung Beliau maka cari saja garis lakinya dr Prabu Geusan Ulun Sumedang

      Hapus
  2. Coba Cing ...cari di blog ini (alwinz.blogspot.com) yang empunya masih keturunan beliau...

    BalasHapus
  3. Teangan iwal ti diri maneh,da maneh jeung Anjeuna ibarat gula jeung amisna,,,deukeut pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah anda juga juga ikut tarekat haqmaliyah

      Hapus
    2. Ya saya ikut tarekat haqmaliyah dari mertua saya

      Hapus
    3. Assalamualaikum... Maaf bisa saya minta alamat yang di garutnya..

      Hapus
  4. Ya Allah . Alhamdulilah sejak tahun 1984 (Sejak remaja) saya dipertemukan antara Guru - murid menjalani Tarekah Haqmaliyah Ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ngikut di Guru Mama Haji Mochamad Ali beserta Ibu dulu di Jl. Pastur Bandung .. sekarang beliau sudah wafat.. digantikan oleh putranya Asep Rohman beliau tinggal di Metro Soekarno Hatta. . . .

      Hapus
    2. Asrul sikumbang, boleh saya minta alamatnya?

      Hapus
  5. Ass Wr Wb.
    Mohon ijin saya mau bertanya pada Bung Bagus Kurniadi.. Kalo boleh saya tahun dari siapa bung Bagus menerima ilmu tarekat Haqmaliyah ini (gurunyanya) dan sejak kapan ?
    Wass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolonglah balas pertanyaan ini Bung Bagus Kurniadi kalo tidak keberatan ?

      Hapus
  6. salam kenal mas... saya dari Tarekat Hakmaliyah Jakarta..
    asuhan Ustad Hambali Usman bin Nasir..
    Fb ane : cundiks@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali... saya sudah add FB Bang Mansur.. silahkan dibaca .. pesannya ...!!

      Hapus
  7. apakah anda sudah mengetahui nurrulloh yang seperti rembulan penuh

    BalasHapus
  8. nurrulloh cahaya terang benderang tanpa warna tanpa rupa.

    BalasHapus
  9. memang para ahli tarekat melihat dari kemurnian ajaran, akan tetepi untuk apa berdebat mengenai siapa yg paling murni karena bukan hanya sebatas kemurnian ajaran saja tapi kemurnian hati juga, merasa palin benar dan paling murni bukanlah sebuah ajaran tarekat apalagi ajaran tarekat hakmaliah, di manapun anda berguru di baiat dengan aturan ajaran hakmaliah berarti dia saudara kita juga !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan sdr. Ginanjar Ramdhan.. salam kenal buat Sdr. Ginanjar Ramdhan.....

      Hapus
    2. Alhamdulillaah Salam Santun dari Saya ,, Saya Tarikat Haqmaliyah dari Bandung SALAM Kenal kepada Semua SodaraKu.. Mau Rasanya Kita Bertemu Sama Sodara SAHABATKU.. untuk Berbagi Pengalaman Masing Masing.. dan Menjadi Sodara Yang Utuh.. Saya Sudah Melihai Diri Bathin Saya dan Sudah Melihat Cahaya Yang Gemerlap Luar Biasa .. Kalo Boleh Saya ingin Sering Kepada KawanKu SodaraKu di mana Saja Berada..,, Hubungi WA Saya tlp 081320108767,, Iwa Hsnif Sanjaya,,

      Hapus
  10. sya mask tarikat hakmaliyah thn 1997 di banten, pengalaman sy stlh sy jlnkan wlapun cm sdkt skli, sy punya kesimpulan, smkin ma`rifat seorang manusia mka smkn bijak dlm menjlni kehidupan, yg trs oleh sy smkin dlm mka keberadaan sya sprt ga ada, mka kbnran tndakan tu sbnrnya adalah kbnran Illahi, tabulah bgi aliran tarikat hakmaliyah mengatakan bhwa drinya atau aliran kita lah yg plng bnar, mf tu lah yg saya rsa dri trikat ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Santun dari Saya kang Tufik Zakaria.. kalo boleh Saya mau Silatu Rohim dan Jadi Sodara WA Saya 081320108767.. terima Kasih ,,

      Hapus
  11. Alhamdulillah ada ikhwan haqmaliyah di internet,,,,yg di bai'at baba guru ust Hambali usman bin nasir prigi depok ayo merapat,,,pada dateng ga di pengajian bulanan di rumah baba guru malam minggu kemaren???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. asalamu alaikum saya satria dibandung,,saya juga menerima haqmaliyah dari baba hambali...

      Hapus
    3. Cahaya latifah.. inti nampi tahun brapa & dimana?

      Hapus
  12. alhamdulillah ..salaam para ikhwan sekalian

    BalasHapus
  13. Assalammualaikum wr.wb.

    saya dari tarekat hakmaliyah bogor barat.
    mengucapkan salam untuk semua para ikhwan sekalian.

    BalasHapus
  14. Assalammualaikum wr.wb
    kalo saya pingin belajar tarekat hakmaliyah...
    siapa yang saya hubungi untuk daerah serpong dan sekitarnya terima kasih

    BalasHapus
  15. assalamualaikum ikhwan semua salam kenal... ane ridwan... ane ikhwan dr jakarta... buat ikhwan main dong kerumah biar bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman... ane masih teramat dangkal dalam kehidupan ini.... lokasi di ane di lenteng agung... buat yg mau ke rumah tlp ane aja di 081289452432 terimakasih ikhwan semua...ass wr wb

    BalasHapus
  16. kalo di cimahi bisa di bai'at dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ɓɪ̣̝̇ڪɑ̤̈̊ ȡí kbn kopi atw daerah bumiasri kang....

      Hapus
    2. Aduh akang eta dp na punten di genos .upami c apa terangeun atana pi kang cecep terangeun mah ke biih picarioseun

      Hapus
    3. posisi dimana kang dedi, abdi orang cigugur marga asih...

      Hapus
    4. assalamualaikum sadulur sa ikhwan kabeh , sy dari cimahi cihanjuang sangat senang bisa mengetahui ikhwan santri -santri HAQMALIYAH banyak juga , karena penerimaan ilmu tareqah itu HAQ semua manusia yang ber iman kepada ALLAH dan diterapkan/di amalkan AMALiyah kepada semua makhluk ciptaannya agar bisa lebih Arif dan Bijaksana , karena semuanya itu harus perbuatan Baik Agar menjadi Rahmatan lilalamin. Hatur Nuhun

      Hapus
  17. Alhamdulillah trnyta sdh banyak ya.. Saya dicbbr skluarga jg sdng mndalami ini dr guru dibandung.. Salam kenal,,

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum

    Salam kenal buat semua
    Saya dari medan

    BalasHapus
  19. guru untuk Bai'at tarikat hakmaliyah di daerah bandung di jalan cikutra, jalan sekepondok III dekat RS. Santo Yusuf.....namanya Bapak Ading, kebetulan beliau yg membai'at saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaiku
      Kang budi maaf maunanya rumah bapak ading nomer berapa atau rt/rw nya makasih

      Hapus
    2. Salam Santun budi hilman Semoga SEHAT selalu..,, Boleh No WA,,??

      Hapus
    3. SALAM..RAHAYU Kang Saya iwa hanif Sanjaya Cikadut Rt 04 Rw ,05 kp Mande..Mau Silatu Rohim no WA saya 081320108767..,, kalo boleh ijinkan saya Bersaudara..

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Kenal Pak Miyanto

      Kalau Boleh bisa minta alamat dan nomer telpon pak Rahmat, karena saya ingin bertanya2 tentang tareqat haqmaliah, terimakasih

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  21. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua agama ada ajarannya hanya saja sebutannya saja yang berbeda .kalau mencari ilmu syariat carila ke negeri arab tapi jika mencari ilmu hakikat kita seharus nya bangga menjadi bangsa indonesia karena bangsa arabpun mencari nya ke indonesia , khususnya pulau jawa. Mangkannya ada para wali yang menyebarkan ilmu2 hakikat

      Hapus
  23. kalau saya bukan muslim saya tidak boleh ya belajar dan mendalami ilmu ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Silakan belajar. Semua manusia diciptakan oleh Allah. Maka kita harus wajib mengenal allah untuk kita menyembahnya. Agar kita selamat dunia akhirat

      Hapus
    3. Boleh.. Hanya saja ada beberapa bagian yg nanti nya tidak bisa di berikan

      Hapus
    4. semua bisa di berikan kang jika sudah bisa mengolah nafsu agar tidak takabur . nuhun

      Hapus
    5. mohon maaf ,jika tareqah HAQMALIYAH adalah ilmu ke imanan percuma belajar jika tidak ber iman ke pada ALLAH dan ALQURAN

      Hapus
    6. Tarekat haqmaliyah ilmu untuk pulang. Asal dari allah maka harus pulang ke allah. Tarekat adalah kendaraannya untuk belajar ilmu tasawuf/shalat daim

      Hapus
  24. Assalamualaikum..salam kenal sodaraku semua..maaf kalo di jakarta, di mana ya saya bisa menemukan ajaran tarekat.?? trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  25. Saya mau belajar tarekat tp saya tidak tahu di cimahi ada alamat yg bs sy temui.hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass,,salam kenal saya rio kang ikut aja cihanjuang ni no hp saya 082117576309

      Hapus
  26. Sampurasun..........., Mohon maaf saya mau bertanya : " Apakah ada arti, mak'na, atau terjemah dari kata hakmaliyah?" Terimakasih atas jawaban yg akan diberikan. salam kenal dari saya.

    BalasHapus
  27. Sampurasun..........., Mohon maaf saya mau bertanya : " Apakah ada arti, mak'na, atau terjemah dari kata hakmaliyah?" Terimakasih atas jawaban yg akan diberikan. salam kenal dari saya.

    BalasHapus
  28. Sampurasun..........., Mohon maaf saya mau bertanya : " Apakah ada arti, mak'na, atau terjemah dari kata hakmaliyah?" Terimakasih atas jawaban yg akan diberikan. salam kenal dari saya.

    BalasHapus
  29. Sampurasun..........., Mohon maaf saya mau bertanya : " Apakah ada arti, mak'na, atau terjemah dari kata hakmaliyah?" Terimakasih atas jawaban yg akan diberikan. salam kenal dari saya.

    BalasHapus
  30. Sampurasun..........., Mohon maaf saya mau bertanya : " Apakah ada arti, mak'na, atau terjemah dari kata hakmaliyah?" Terimakasih atas jawaban yg akan diberikan. salam kenal dari saya.

    BalasHapus
  31. Sampurasun..........., Mohon maaf saya mau bertanya : " Apakah ada arti, mak'na, atau terjemah dari kata hakmaliyah?" Terimakasih atas jawaban yg akan diberikan. salam kenal dari saya.

    BalasHapus
  32. Sampurasun..........., Mohon maaf saya mau bertanya : " Apakah ada arti, mak'na, atau terjemah dari kata hakmaliyah?" Terimakasih atas jawaban yg akan diberikan. salam kenal dari saya.

    BalasHapus
  33. Assalam
    Kalo sudah bertememu dengan nurullah lantas kita mau apa??? Janganlah setelah kita tau tidak mengetahui tujuan nya selain kembali kepadanya

    BalasHapus
  34. Assalamualaikum, salam kenal: saya ma'mun dari Lebak Bulus. Tahun 1990 saya diajak ayah silaturahmi dengan Bapak Toha. Tahun 1991 saya dan istri "dibuka" oleh Bpk. Haidar dan Bapak Gofar, atas izin Bapak Toha. Senang sekali bisa bersilaturahmi

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamu'alaikum,,, silaturahmi ke alm. bpk Toha Fajar bin Nurjan, yang di Lenteng Agung ya?

      Hapus
    2. Sekarang yang memegang 'Tongkat' nya bergelar, 'kuncung putih paku ning alam,,,,saya tidak berani menyebutkan namanya,,,tapi beliau bermukim di Balaraja, Banten,,,

      Hapus
    3. Sekarang yang memegang 'Tongkat' nya bergelar, 'kuncung putih paku ning alam,,,,saya tidak berani menyebutkan namanya,,,tapi beliau bermukim di Balaraja, Banten,,,

      Hapus
    4. Assalamualaikum Wr. Wb

      adakah yang tau alamat Tubagus Agung Sudrajat balaraja??

      terimakasih sebelumnya ��

      Hapus
    5. Assalamualaikum Wr. Wb

      adakah yang tau alamat Tubagus Agung Sudrajat balaraja??

      terimakasih sebelumnya ��

      Hapus
  35. Kumaha para wargi, tos penak sareung bulan caang kaping 14 ?

    BalasHapus
  36. Kumaha para wargi, tos penak sareung bulan caang kaping 14 ?

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah tiasa gabung sareng wargi2 sadaya.
    Salam kasadaya ikhwan tingkat keun tras dugi ka pendak sareng hak.ALLAH na.
    Amin.......

    BalasHapus
  38. alhamdulilah tos karumpul.... mangga teraskeun sing enggal kapendak ka sadayana

    BalasHapus
  39. tajali pidzat
    tajali pisifat
    tajali piasma
    tajali pi af''al

    tajali pi af'al bertemu dengan 8 warna cahaya.
    tajali pi asma bertemu dengan cahaya 4 warna.
    tajali pi sifat bertemu dengan cahaya terang benderang,bahrul hayat,djohar awal.cahaya tampa batas...

    lalu kalau tajali fi dzat bertemu dengan apa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kumpul nya cahaya ya ngewujud jadi salira,nah itu yg di sebut manunggaling kaula gusti.
      Awas jangan salah arti!!!
      Kita hamba bukan sang pencipta.
      Ada Makhluk karna ada Tuhan
      Ada Tuhan belum tentu ada makhluk karna dia yg maha Hak.

      Hapus
  40. tajali pidzat
    tajali pisifat
    tajali piasma
    tajali pi af''al

    tajali pi af'al bertemu dengan 8 warna cahaya.
    tajali pi asma bertemu dengan cahaya 4 warna.
    tajali pi sifat bertemu dengan cahaya terang benderang,bahrul hayat,djohar awal.cahaya tampa batas...

    lalu kalau tajali fi dzat bertemu dengan apa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ya kamu, kamu ya aku,,,tetapi aku bukan kamu,,,,

      Hapus
    2. aku ya kamu, kamu ya aku,,,tetapi aku bukan kamu,,,,

      Hapus
  41. klu kita mau blog ini kita jadikan kajian khusus bagi ihwan haqmaliyah..untuk meningkatkan pengetahuan kita semua..sebagai ajang silaturahmi dan peningkatan dalam ilmu dan ibadah...

    BalasHapus
  42. Salam ikhwan. Tentang yang paling utama saya mohon jangan dibuka atau dibicarakan diblog atau yang bisa dilihat oleh umum.

    BalasHapus
  43. Salam ikhwan. Tentang yang paling utama saya mohon jangan dibuka atau dibicarakan diblog atau yang bisa dilihat oleh umum.

    BalasHapus
  44. Salam ikhwan. Tentang yang paling utama saya mohon jangan dibuka atau dibicarakan diblog atau yang bisa dilihat oleh umum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayah butuh teman sharing, kalo tidak disini dimana.?

      Hapus
    2. Bisa kontak di Fb saya asrul sikumbang

      Hapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. Puji Tuhan Alhamdulillah... salam rahayu..!! pilari timana wae jalanna nu penting tepang sareng nu dituju,tos kitu mancar kana ahlak nu rahmatan lil alami n.. cahaya kangge nyaangan nu poek.. peun.. salam kenal ka sadaya..

    BalasHapus
  47. Puji Tuhan Alhamdulillah... salam rahayu..!! pilari timana wae jalanna nu penting tepang sareng nu dituju,tos kitu mancar kana ahlak nu rahmatan lil alami n.. cahaya kangge nyaangan nu poek.. peun.. salam kenal ka sadaya..

    BalasHapus
  48. Salam kenal saya kantos dibuka dulu ku mama Toto garut pataruman..pesen buat ka sadaya ikhwan Tj ulah ditinggal kerjakeun semampuna,solat 5 waktu tetep jalan..salam sejahtera ka sadaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiasa nyuhunken alamat di garut na kang?

      Hapus
  49. Salam kenal saya kantos dibuka dulu ku mama Toto garut pataruman..pesen buat ka sadaya ikhwan Tj ulah ditinggal kerjakeun semampuna,solat 5 waktu tetep jalan..salam sejahtera ka sadaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam ikhwan. Jadwal minggu 25. 09. 16. Ziaroh ke garut..

      Hapus
    2. Salam ikhwan. Jadwal minggu 25. 09. 16. Ziaroh ke garut..

      Hapus
    3. Maaf kang garutnya dimna?

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. Salam. Boleh saya tau daerah-daerah di Depok, Jawa Barat yg banyak penganut Tarekat Haqmaliyah ini?terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kelapa dua depok pengajian malam minggu pd minggu ketiga. Di paragi malam minggu pd minggu ke dua. Di lenteng agung malam minggu pd minggu pertama

      Hapus
  52. gabung di cimahi kasaha nya guru mursidna saha?bales..

    BalasHapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apà sudah datengin keramat orangtua dilenteng agung kan masih ada anak cucunya...

      Hapus
  54. 082317438896 / 082319439911
    sayah butuh teman sharing....

    BalasHapus
    Balasan
    1. No. Hp. Sya : 087824614357 / 081253612773

      Hapus
  55. Salam ..saya baru 1 bulan bergabung dengan tharekat Hakmaliyah ini..masih banyak yg perlu saya pelajari ..mohon bimbingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas andri bs ikut pengajian demi memperdalam ilmu tauhid.

      Hapus
    2. Saya ngaji dirumah.. saya tinggal di kelapa dua depok. Tiap mggu ketiga setiap bulan.. dirumah bersama ikhwan-ikhwan yg laen.

      Hapus
  56. Assalamualaikum...
    mohon maaf untuk DP kang dedy bhaong kalau bisa diganti saja untuk menjaga kerahasiaan.
    Terima kasih.
    Salam ikhwan

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Sampurasun,,punten bd tumaros ny knu tos aruninga..kumha nya cara nyingkron ken tekad ucap lampah..hatur nuhun knu bd nerang keun

    BalasHapus
  59. Yg rahasia biarlah menjadi rahasia.. boleh membuka sedikit clue nya saja menurut saya.. "jangan ada orang lain diantara kita". Kalo mencari pasti ketemu.

    BalasHapus
  60. Ko yg baiat orangya beda beda??bukanya harus satu guru turunan nabi muhammad saw??? apa memang turunan nabi ternyata banyak diindonesia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg dilihat disini bukan keturunan sedarah tp turunan satu ilmu.
      dan guru yg berhak membaiat di tatekat haqmaliah itu yg mendpat SK dr guru sebelumnya, bgtu sampai turun temurun. Tdk semua org diberikan haknya untuk membaiat hanya org yg dipilih yg mendapatkan SK membaiat.
      id sekali lg bukan keturunan sedarah dr rosulloh.
      yg dilihat disini ilmunya bkn keturunannya

      Hapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Assalamualaikum wr wb. Bade tumaros...kumaha diajar tarekat hakmaliyah...pribados mah sering ngaos eta kitab layang muslimin mulimat.

    BalasHapus
  65. Alangkah sayangnya kalau Emas itu merupakan barang berharga dan mahal harganya kenapa mesti dijual di kaki lima....

    BalasHapus
  66. Assalammu alaikum kang pun mursyid di cimahi palih mana mugua di pasihan terang pun ie no abi @ fb hendra_med@yahoo.com mugi kanu pesan .kumargi tos kaulanun ngaos kitab mah mung te acan pendak sareung murayid namah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kontak FB joelius badres , will Bandung Timur

      Hapus
  67. assalammualaikum, mau lihat foto nya mbah cirebon gunung jati yang mana ya ? trima kasih

    BalasHapus
  68. askm kang saya murid tareqat haqmaliah,nerima dari ustad hambali,salam kenal kang dari bogor

    BalasHapus
  69. Assalamualaikum,salam kenal semua sy firman dr sidamukti depok.(baba/ust.hambali).

    BalasHapus
  70. Subhanalloh menerangkan pikiran dan hati

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. Assalamualaikum...kang Abi ti sukabumi..Abi nampi iye torekat ti almarhum pa guru Surya cijakangkar kota sukabumi

    BalasHapus
  73. Assalamualaikum . Mohon maaf disini ada yang pernah ngaji di balaraja banten ngga .tarekat hakmaliyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Wr. Wb

      Alamatnya dimana pak??
      Terimakasih

      Hapus
    2. Assalamualaikum Wr. Wb

      Alamatnya dimana pak??
      Terimakasih

      Hapus
  74. Alhamdulillah sy di bl raja masih sampai saat ini0

    BalasHapus
  75. Yang sekitar tahun 1993 -1996 ada ngga om

    BalasHapus
  76. Assalamu 'alaikum wr wb, salam kenal para ikhwan semuanya. Saya pertama kali masuk tarekat Haqmaliyah thn '97 melalui mama Toto di pataruman Garut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam...maaf sekarang tinggal dimana kang? di bandung? -Aldi-

      Hapus
  77. Saya tinggal di Sukamiskin, Bandung. Wass.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikaum Kang Aji. Abdi bade tumaros, upami ayeuna bade ka Pataruman Garut keudah ka saha nya? Manawi gaduh kontak padepokanna.
      Simkuring Egi ti Sumedang.

      Hapus
    2. cobi tepangan ka Jajang Harja, eta murid utami ti saehu bpk ading sopandi bin muhamad eli adirja (alm),linggihna di cimalaka - sumedang, toko garuda pancing.

      Hapus
  78. Assalamualaikum wr.wb...Alhamdulillah utk smuanya n trima kasih utk kang asrul kumbang yg sdh menerima perkenalan sy..sy dr grogol blkng triskti,peguron tanah gentong..tarekat hak maliyah marifatullah...syeh toha suraatmaja ibnu maun..syeh madinah ibnu kasa...ahyar bin taisir...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syeh toha suraatmaja penerusnya syeh toha nurjan lenteng agung.

      Hapus
  79. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  80. Assalamualaikum salam kenal saya dari Bandung Cimahi...

    BalasHapus
  81. Assalamualikum...saya sangat tertarik dengan Thariqoh Haqmaliyyah ini,, mohon petunjuk untuk ikhwan yang ada di wilayh Purwakarta ada ga ya???

    BalasHapus
  82. Puja dan puji syukur ke hadirat Allah Ta'ala...Assalamu'alaikum Ikhwan sadaya..smoga mencapai pada Jauhar Awalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempurna nya jika mencapai hakikat dari johar awal mas.. Itu yg harus di capai

      Hapus
  83. Assalamualakum..saya ingin sekali belajar Thariqoh Haqmaliyyah, mohon petunjuk musyid yang ada di Palembang?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guru Mursyid yg berhaq hanya ada di bandung jawa barat...tdk di tmpat lain...sebaiknya anda lsg dtg ke tempat kediaman keluarga Syekh.Raden.H.Muhammad Kachfi/Mama eyang..di Desa Pataruman kota Garut Jawa barat..spy tdk tersesat kemudian menyesal...Awwaludien Ma'rifatullohita'ala...lolong di Dunya leuwih lolong deui di aheratna...wassalam...

      Hapus
    2. Klo mas bilang yg berhaq hnya di bandung.. Itu takabur nama nya mas.. Dunia itu luas..

      Hapus
  84. Setelah wafatnya Raden.H.Darsyah (Mama Cucu/Cimahi bandung) bin Rd.Asep.Martawidjaja bin Syekh.Raden.H.Muhammad kachfi alias Syekh Dulkochfi alias Syekh Djatilana alias Syekh Sukadana Kutub Robbaniyah Wali tunggil Tjirebon - Soekadana (Garut) maka...yg berhaq meneruskan adalah Bpk.Cecep (menantu Mama Rd.Toto Mutholib Mw. Bin Mama Asep Mw. Bin Syekh.Rd.H.Muhammad kachfi) di Panghegar Gedebage Bandung Jawabarat ...sesuai dgn arahan 'panemu' dr Mama Toto.alm..pada masa beliau menjadi Guru Tuduh thoriqot ini... Guru Mursyid yg berhaq dr 'kokocoran' (anak cucu Syekh.H.Muhammad Kachfi) sdh 'selesai'...dan sdh prnh disampaikan bahkan msh di masa Mama Asep Mw sekira thn 1930an...utk yg berkepentingan dgn maksud ingin 'ditawajuh' utk 'nampi' thoriqot ini...atau utk informasi valid dan akurat...dipersilahken utk sekalian mengunjungi kediaman keluarga besar Syekh.H.Muhammad kachfi...di Pataruman, kota Garoet Jawa barat...tak kenal maka tak sayang...sesat di jalan menyesal kemudian...lolong di dunya leuwih lolong deui di akheratna...Awwaludien Ma'rifatullohita'ala...ulah osok undar Andir neangan syeh abdul Kodir..iyeu d jaman geus akhir...anggur mah geura malikir...malati murag kalo bang...seungitna geus beak pisan...amit mundur neda maap kasadaya ikhwan...Assalamualaikum warrohmatullohi wabarokatuuh...Syareat-Tarekat-Hakekat-Ma'rifat...mangpaat...barokalohu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang/Teteh punten tiasa email kontak ka abdi (aria.wirahma@gmail.com)? Abdi kantos nepangan mama di cimahi lami kapengker, mung pleng les da ngalih padamelan. Ayeuna abdi hoyong ngawitan deui, manawi ka angken keneh. Hatur nuhun.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Emailkeun wae kang, emailnyaira23@gmail.com

      Hapus
    5. Mangga atos di kintun kana email teh

      Hapus
  85. Alkhamdulilah saya di bai'at sama Mama Cecep. Dan sekarang di lanjutkan sama Mama ucu..

    BalasHapus
  86. ASalamualaikum
    Nepangkeun abdi di baleendah.
    Wa 08973072025

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau tanya kang tarekat haqmaliyah jawa timur dmn? Lg bogor bandung saya tinggal ditulungagung

      Hapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya mau bertanya, apakah benar tidak sembarang orang berhak mendapatkan tarekat haqmaliyah ini ?
    Saya sendiri sudah dipertemukan Allah dengan Mursyid di banten tepat nya bulan maret 2018, tetapi saya blm di berikan pembelajaran tentang haqmaliyah, sampai saat ini dr awal saya di ajarkan tentang ANFASIAH KUBRO
    yang mau saya tanyakan, apakah ada keterkaitan tentang ANFASIAH KUBRO dengan HAQMALIYAH ?
    Terima Kasih..
    Wassalammualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam wr. wb...
      kesimpulannya, tdk lg dgn kecepatan suara(zikir/wirid), melainkan dgn kecepatan cahaya..sbb lebh dahulu cahaya yg dtg, baru suara..

      Hapus
  89. Asslmkm mohon alamat mursyid nya...pangersa

    BalasHapus
  90. Salam Rahayu ka sadayana dulur anu nyaangan supaya Akur.. anu geus nyekel Elmu anu Luhur kagungan nu Maha Luhur..,, teangan tapak meri dina Leuwi tapak Soang di awang awang panggihan galeuhna kangkung,, awaludini ma'rifatullah,, kebo mulih pakandangan Muncang labuh ka puhuna..,,Zat sipat asma af'al..,, pedareun keur sampeureun Sampurna mulang kanu Maha Sampurna Allah ta'ala,,,,

    BalasHapus
  91. Ari Emas mah loba nu ngajual ..jeung nogerak nembrak kaciri kunuvrek meuli..,, tapi tetep jadi watangna BERLIAN.. jeung pasti Berluan diwatangan ku EMAS .. ,, Moal Aya Emas di watsnga ku Berlian.. ieu Hak bukti Nyatana,, Jeung wateknabBerlian teh Nyumput.. Moal nyiri keun tur moal Ka ciri ku Jalma nu butuh Emas..,, SALAM Rahayu kanggo Sadayana dulur nu nyepeng tareqat Haqmaliyah..,, Salam Silaturohim iwa hanif sajaya/ Santiwa..,,

    BalasHapus
  92. Ahamdulilah kang iwa hanif sanjaya tiasa mendakan HAQ elmu jalan mulih ka jati mulang ka asal , mugi tiasa ngamalkeun/MALIYAH kangge sadayana makhluk ciptaan Allah . Amiiiin........

    BalasHapus
  93. Mari kita bersama menjaga ilmu tarekat hakmaliyah ini.. jangan dirusak.. tetap dijaga ilmu tasawuf/shalat daim.. tanpa jasa guru guru kita yang mendapat warisan ilmu peninggalan nabi-nabi Allah dan Walli-walli Allah.. kita blm bisa mengenal Allah.. hanya kepada Allah kita kembali.. jangan sampai ditinggalin shalat daim dan shalat 5 waktu.. hormat saya.

    BalasHapus
  94. Alhamdulilah , haq maliyah hadir di Cianjur .
    Slm ka ikhwan ikhwan tharekat haq maliyah.

    BalasHapus
  95. Mau tanya dimana sy bs membeli jilid layang muslimin muslimat edisi bus indonesia......,karena waktu sy selesai " NAMPI"...buku itu msh dlm proses ke edisi bus Indonesia.....,sy msh sempat bertatap muka dgn mamah Toto.....,

    BalasHapus
  96. sy berlokasi di Jonggol .....mungkin saudaraku muslim wal muslimat tau dimana kira" tempat terdekat selain kegarut dan cuanjur......

    BalasHapus
  97. salam pangwanoh....
    rancaekek

    BalasHapus